gravatar

Peranan Media Dalam Kualitas Pembelajaran

Oleh NANA SURYANA, M.M.Pd.

PROSES belajar mengajar merupakan proses komunikasi, baik antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, ataupun siswa - lingkungan. Proses komunikasi yang baik harus diciptakan oleh guru dan siswa.

Pesan atau informasi yang disampaikan oleh guru dapat berbentuk pernyataan atau mungkin disampaikan dalam bentuk: bagan, gambar, tape recorder, televisi, radio, video, slide atau alam lingkungan yang ada di sekitar sekolah. Selanjutnya siswa sebagai penerima pesan dapat menerima pesan (materi pelajaran) sesuai dengan tujuan. Tetapi pada kenyataannya siswa adalah seorang individu dengan karakteristiknya sendiri. Allah SWT menciptakan individu yang satu berbeda dengan individu lainnya. Dengan demikian, suatu hal yang wajar apabila individu mempunyai motivasi dan kemampuan yang berbeda-beda.

Guru dalam memberikan materi pelajaran belum tentu diterima sama oleh siswa, karena seorang siswa dengan siswa lainnya dalam menangkap suatu objek atau pesan berbeda-beda, tergantung pada pengalaman dan kemampuan yang dimilikinya. Misalnya guru sebagai sumber pesan menyampaikan pesan A kepada tiga orang siswa, tetapi siswa sebagai penerima pesan mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menerima pesan, sehingga jangan heran jika siswa dalam menerima pesan A, berkembang menjadi pesan A1, A2, atau bahkan mungkin menjadi A3.

Untuk menghindari hal tersebut maka pemanfaatan media pembelajaran penting sekali, sehingga dapat meningkatkan tanggapan siswa terhadap suatu pesan (materi pelajaran). Dengan demikian media pembelajaran dapat menyamakan persepsi siswa dan menarik perhatian siswa untuk belajar, bahkan media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar dapat menyalurkan pesan serta dapat membantu mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi antara guru dengan siswa. Di samping itu perbedaan gaya belajar, minat, intelegensi, keterbatasan daya indra, atau hambatan lainnya dapat diatasi dengan pemanfaatan media pembelajaran.

Sudahkah kita sebagai pendidik profesional selalu menggunakan media dalam setiap proses pembelajaran?

Mengingat pentingnya peranan media, maka setiap guru atau pendidik profesional harus selalu menggunakan media dalam setiap proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pembelajaran serta menguasai keterampilan dalam menggunakannya. Hal tersebut tidak lain karena media dalam proses belajar mengajar merupakan bagian yang integral dalam proses interaksi antara guru dengan siswa di dalam kelas. Penggunaan media pembelajaran juga menuntut dan memerlukan kreativitas guru agar mampu mencari, membuat, menyediakan, dan menggunakannya, sehingga dapat membantu kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran.

Dalam memilih media untuk kepentingan proses belajar mengajar menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, guru sebaiknya memerhatikan hal-hal sebagai berikut, yaitu:

1. Ketepatan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.

2. Dukungan terhadap materi pembelajaran.

3. Kemudahan dalam mendapatkan media tersebut.

4. Kemampuan guru dalam menggunakannya.

5. Ketersediaan waktu untuk menggunakannya.

6. Kesesuaian dengan taraf berpikir siswa.

Setelah mengetahui jenis media dengan berbagai ciri dan kemampuannya, serta prinsip-prinsip dalam memilih media, maka guru dapat menentukan media apa yang tepat untuk digunakan dalam membantu atau mempermudah tugas guru sebagai pengajar, yang akhirnya pesan (materi pengajaran) dapat disampaikan pada siswa sebagai penerima pesan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Karena itu, guru hendaknya dapat mengusahakan, menyediakan, memanfaatkan, serta meningkatkan penggunaan media pembelajaran pada setiap kegiatan belajar mengajar. Ingat!, penggunaan media tidak dilihat dari segi kecanggihannya dan tidak pula dilihat dari segi mahal atau murahnya harga media, akan tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan peranannya dalam membantu mempertinggi kualitas proses pembelajaran.

Dengan memahami konsep-konsep metodologi, psikologi, dan media pembelajaran, maka pelaksanaan proses belajar mengajar akan lebih bervariasi, motivasi dan ketertarikan belajar siswa akan semakin tinggi, dan setiap tujuan pembelajaran akan tercapai secara efektif dan efisien, sehingga kualitas pendidikan di negeri ini akan semakin meningkat. Amin. Selamat bekerja...***

Penulis, guru SMPN 2 Tanjungsiang, Ketua MGMP Seni Budaya Kabupaten Subang.